Jumat, 10 Juni 2016

MENGENAL FILE ZIP DAN RAR

FILE ZIP DAN FILE RAR

1. Perbedaan File ZIP dan File RAR


Pada kesempatan ini tidak akan dibahas mengenai sejarah Phil Katz dan Huffman Coding untuk file zip dan Roshal Archive untuk file rar. Jika anda tertarik ingin mengenal keduanya maka silahkan bertanya kepada paman goggle hehehe. Langsung saja kita akan uraikan secara ringkas dan sederhana mengenai fil zip dan file ber-ekstensi rar...okey? senyum dulu dooong...

1.1. Arsip ZIP
Format zip adalah yang paling populer. Sebagai contoh, kebanyakan file di internet adalah arsip berformat ZIP. Jika anda akan bermaksud mengirimkan suatu arsip dalam bentuk file RAR ke seseorang maka mungkin saja dia tidak mempunyai program WinRAR untuk mengekstrak muatan yang ada dalam arsip RAR yang anda kirimkan itu. Hal ini bisa saja membuat anda untuk memilih
format ZIP. Pada sisi lain, anda dapat mengirimkan suatu arsip yang berjenis self-extracting (dapat mengekstrak dirinya sendiri). Arsip self-extracting ini memiliki sedikit ukuran yang lebih besar tetapi dapat mengekstrak dirinya sendiri tanpa bantuan program apapun. Keutamaan dari file berformat ZIP lainnya adalah dalam hal kecepatan. Dalam arti kata pemrosesan arsip zip relatif lebih cepat dibandingkan file berformat rar.

1.2. Arsip RAR
Dalam banyak kasus, format RAR menciptakan kompres atau tekanan yang mampat atau padat jika dibandingkan dengan file berformat ZIP. Kelebihan file berformat RAR lainnya adalah mendukung multi-volume. Jika anda harus membuat suatu arsip multi-volume maka menggunakan file RAR adalah pilihan yang tepat. Format RAR juga memiliki beberapa hal penting lainnya yang tidak dijumpai dalam format ZIP. Misalnya, kemampuan RAR untuk merekonstruksi file yang rusak, perlindungan/kunci arsip dan melindungi arsip penting dari modifikasi yang tidak disengaja. Format RAR bisa menangani file yang bisa dikatakan berukuran tak terbatas (sampai 8.589.934.591 GB). Sedangkan ukuran maksimum dari file ZIP hanya 2 GB. Sistem file yang mendukung file berukuran lebih dari 4 GB adalah NTFS atau yang lebih terbaru dari itu.

2. Cara Membuat Format File-Folder Menjadi ZIP atau RAR

Sering kita menjumpai format sebuah file dalam bentuk zip atau rar saat kita mengunduh sebuah software dari internet, atau mungkin saat kita menerima sebuah email dari teman. Format ini sering dipakai karena format zip atau rar bisa meringkas sebuah file yang ada ke dalam satu folder pada sebuah aplikasi dan mampu mengecilkan kapasitas memori.

Membuat format file atau folder menjadi zip atau rar adalah cara meringkas atau memadatkan file menjadi satu folder dan mampu mengecilkan kapasitas memori yang dibutuhkan untuk ruang penyimpanannya tanpa mengurangi sedikitpun kualitasnya. Dengan file berbentuk zip atau rar akan memudahkan kita dalam penyimpanan file, lebih ringkas dan hemat memori. Jika akan dijalankan, cukup di-ekstrak file-nya maka akan keluar file-file lengkap di dalamnya.

Berikut ini cara sederhana membuat suatu file atau folder menjadi zip atau rar:
1. Jika di PC atau Laptop anda sudah ter-install program WinRar maka kita bisa langsung ke menu berikutnya tetapi jika belum maka anda perlu meng-install program WinRar terlebih dahulu. Silahkan diunduh bebas dan gratis di paman googgle.
2. Setelah ter-install kemudian buka win rar
3. Klik pada menu option > Setting
4. Klik menu Compression > (pilih) Create Default
5. Silahkan dipilih ZIP atau RAR, lalu OK
6. Kemudian masukkan file yang akan anda ubah menjadi zip atau rar lalu OK.
7. Sekian dan terima kasih wkwkwkk

Okey, semoga bermanfaat.
Barakallahu fiikum.

1 komentar:

Silahkan masukkan komentar anda. Terima kasih.